4

SOPA dan PIPA pun berakhir

Akhirnya pecinta bajakan gratisan bisa bernafas lega kembali setelah pada akhirnya UU mengenai SOPA dan PIPA di hold sampai batas waktu yang tidak di tentukan. Penundaan UU mengenai SOPA dan PIPA ini dikarenakan adanya gerakan blackout oleh situs sebut saja Google dan Wikipedia yang memprotes aturan tersebut. Protes dari Google dan Wikipedia mengenai SOPA dan PIPA ini sudah berlangsung sejak hari Rabu lalu tanggal 18 Januari 2012 yang menyebabkan sejumlah anggota parlemen di Amerika Serikat harus menarik dukungan terhadap undang-undang tersebut yang dianggap akan mengancam kebebasan berekspresi para pengguna Internet di dunia. Dengan diresmikanya SOPA dan PIPA maka pemilik hak cipta memiliki hak untuk menindak langsung orang/situs yang terduga melanggar hak cipta. Dan apabila UU ini jadi di sahkan, hampir di pastikan kita tidak akan melihat lagi Video lipsing di Youtube, Jual beli CD/FILM (copyan), Upload rekaman konser ke youtube, sharing/download software di mediafire dan sejenisnya.

Contoh Kasus, semisal anda merekam video konser sm*sh yang anda tonton sendiri menggunakan ponsel dan lalu menggugah ke situs Youtube tanpa izin dari si pemegang cipta (produser konser/Event Organizer acara konser tersebut), menurut RUU SOPA dan PIPA anda bisa di pidanakan karena telah megupload VIDEO ILEGAL dan youtube pun akan kena dampaknya karena telah memfasilitasi pelanggaran hak cipta yang konsekuensinya youtube harus di block dan di tutup. Dengan keadaan seperti ini bukan hal yang mustahil Youtube yang kita ketahui berisi ribuan bahkan jutaan halaman bisa saja di tutup hanya gara-gara 1 halaman yang mengandung unsur pelanggaran hak cipta seperti contoh kasus barusan. Tidak hanya itu, apabila SOPA dan PIPA ini jadi di sahkan dan di implementasikan di dunia internet maka hal-hal berikut ini akan benar-benar terjadi, seperti :

  1. Banyak Blog dan situs yang akan di tutup karena barangkali mungkin di anggap telah menggunakan gambar, logo serta foto yang bukan miliknya.
  2. Situs-situs jejaring social seperti Facebook, Twitter dan lain-lain akan banyak mengalami masalah karena sering di tuntut akibat konten yang di kontribusi oleh publik akan kena saring dan sensor secara ketat
  3. Inovasi dan perkembangan teknologi tidak akan secepat seperti sekarang ini karena perusahaan-perusahaan baru harus memenuhi standard SOPA dan PIPA

Untunglah dukungan terhadap SOPA dan PIPA ini rontok dikarenakan cukup banyak situs-situs besar seperti google, wikipedia dan situs-situs besar lainnya menolak rancangan undang-undang ini sehingga undang-undang ini harus di kaji ulang lagi. Tepatnya, undang-undang SOPA dan PIPA ini di tunda hingga batas waktu yang belum di tentukan.

admin

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *