6

Training Adempiere di Jakarta

Beberapa hari yang lalu saya di kirim ke jakarta oleh perusahaan tempat saya bekerja untuk mengikuti training aplikasi ERP yang bernama Adempiere selama 2 hari kerja. Apa itu adempiere ? adempiere adalah proyek yang diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), dan suplay chain management (SCM). Proyek adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut ketidaksepakatan para pengembang compiere dengan perusahaan komersil dibelakangnya. Pengembang proyek adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek compiere. Nama “adem” berasal dari bahasa Itali dengan arti untuk memenuhi (to fulfill) tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas yakni menyelesaikan (to complete), pencapaian (reach), pelaksanaan/berlatih (practice), menampilkan kemampuan/kewajiban (perform the duties of), atau tanpa biaya (free) ini juga berarti penghargaan dan penghormatan.

Bagi saya pribadi, adempiere nampaknya cukup asik untuk di pelajari. Karena kebetulan adempiere ini di pergunakan oleh perusahaan tempat saya bekerja dan rupanya adempiere juga banyak di pergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di indonesia.

Gambar: Sebagian peserta training

Saya berangkat dari balikpapan minggu sore menggunakan pesawat garuda dan baru tiba di jakarta sekira pukul 20.00 WIB, kemudian lanjut menuju ke hotel yang berada di wilayah pancoran selama +/- 1 jam. Adempiere sebenarnya sudah di pergunakan lama di perusahaan tempat saya bekerja, namun terdapat upgrade versi terbaru dari adempiere sehingga masing-masing IT dari cabang harus mengikuti training ini kembali.

Adempiere bisa berjalan di sistem operasi baik berbasis open source maupun linux, jadi skenarionya adempiere di install di sebuah PC yang berfungsi sebagai server plus database lalu kemudian client bisa mengakses via web ataupun aplikasi desktop.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

6 Comments

  1. Briefly penjelasan Adempiere yang bagus sekali kang, karena sangat mudah dicerna oleh saya. Teruskanlah menulis soal Adempiere, Kang! Terima kasih.

    Reply

    Admin Reply:

    Terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image