0

Tips SEO 2015

Saya menulis artikel ini bukan berarti saya Pakar SEO ya, artikel ini saya tulis hanya untuk berbagi apa yang selama ini saya ketahui tentang SEO. Barangkali ada yang belum tau apa sebenarnya itu SEO ?.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu merupakan cara-cara atau teknik untuk mencapai rangking awal atau page one pada mesin pencarian yang dimiliki oleh Google, Yahoo, Bing dan lain-lain.

Ya, mesin pencarian bukan hanya Google saja, ada juga Yahoo. Namun, yang paling populer dan paling terkenal hingga melupakan yang lain adalah mesin pencarian milik Google.

Dari bahasa umum masyarakat sering kita dengar istilah Googling, kata-kata ini jelas sekali merujuk pada mesin pencarian milik Google. Nyaris belum pernah terdengar istilah Yagling (Istilah untuk seacrhing di Yahoo, mungkin) atau Nge-BING (barangkali), tidak pernah khan ?.

Kalaupun ada, pasti bahasanya seperti ini, “Sana googling di Yahoo atau di BING” hik. Dari sampling ini bisa ditarik kesimpulan sedikit jika Google adalah mesin pencarian yang paling populer di dunia. Oleh karena ini, saya akan ulas Teknik SEO 2015 sederhana agar lebih ramah Google.

Kenapa Sederhana ? ya karena saya bukan pakar SEO. Saya hanya membagikan apa yang saya tau sedikit tentang SEO yang barangkali bisa berguna buat blogger-blogger yang masih baru didunia internet.

Berikut tips sederhana memaksimalkan blog anda agar lebih ramah dengan Search Engine utamanya Google :

  1. Buat agar loading blog/web ringan : Alasanya, agar mesin pencari Google atau yang biasa disebut CRAWL bisa lebih cepat mengindex artikel-artikel yang ada di blog/web anda. Jika anda menggunakan Self Hosting, pastikan menanamkan website/blog anda di server lokal atau biasa dikenal dengan istilah IIX (Indonesian Internet Xchange). Gunakan theme blog yang ringan dan hapus plugins-plugins dan widged-widged yang tidak perlu. Pakai plugins-plugins yang yang perlu-perlu saja, sebagai rekomendasi boleh pakai Plugins Wajib di WordPress ini. Tapi itu artikel lama yang tidak mengikuti perkembangan jaman, jadi boleh diikuti atau tunggu artikel/ulasan saya berikutnya mengenai Plugins Wajib di WordPress.
  2. Ramah Mobile : Ya, ditahun 2015 ini, usahakan agar web/blog anda lebih ramah mobile (Mobile Friendly). Maksudnya, carilah theme baru yang support dengan layar smartphone atau tablet. Istilahnya adalah Responsive Theme, sehingga blog/website anda punya tampilan sendiri ketika dibuka melalui layar smartphone dan tablet. Karena di tahun 2015 ini, pengakses website/blog melalui smartphone dan tablet meningkat drastis hingga mengalahkan desktop. Dan tampilan blog/website yang Mobile friendly akan menjadi algoritma baru Google dalam menentukan peringkat di hasil pencarian.
  3. Buat Sitemap : Buatlah Sitemap untuk web / blog anda karena dengan adanya Sitemap ini, crawl dari Google akan lebih mudah menjelajah kedalam artikel-artikel yang ada didalam web/blog anda. Bahasa sederhananya, jelaskan pada google apa saja isi didalam web/blog anda secara detail. Sehingga, Crawl Google bisa lebih cepat dalam memahami apa-apa saja isi didalam blog/web anda ini.? Cara membuat sitemap di wordpress sudah pernah diulas di blog ini beberapa tahun silam, namun akan segera diperbaharui mengikuti perkembangan jaman dan algoritma dari Google.
  4. Buat ROBOT.TXT : Ini penting, karena berfungsi untuk “menjelaskan” pada Crawln Google, bagian mana saja yang perlu di telusuri dan kemudian di tampilkan di mesin pencarian. Tidak semua bagian di web/blog kita perlu di telusuri, karena ini akan memakan waktu yang lebih lama. Sekali lagi, salah satu unsur terpenting dari SEO adalah seberapa “Mudah” dan simplenya Blog/Website anda untuk ditelusuri oleh Google melalui mesinnya yang bernama Crawl. Bagaimana cara setting robot.txt juga sudah pernah diulas disini.
  5. Daftarkan Ke Google : Setelah semua dilakukan, kini saatnya daftarkan web/blog anda ke Google melalui URL http://google.co.id/webmaster. Silahkan dibaca artikel Cara mendaftarkan blog ke google.
  6. Rutin Update : Sebenarnya ini merupakan unsur penting, ya, rutin update. Update lah blog/website anda dengan artikel-artikel baru secara berkala atau terjadwal. Setiap hari update akan lebih baik, namun jika tidak sempat setiap hari, jadwal bisa dirubah per 3 hari atau per-minggu. Tak masalah, yang penting terjadwal, seperti, per hari, per 2 hari, per 3 hari, per minggu, asal jangan per tahun, kalau ini kelewatan banget. Fungsinya apa ? agar Crawl Google “Terbiasa” dengan siklus update di blog/web anda. Apabila setiap hari update, Crawl Google akan “Mendatangi” blog/website anda setiap hari, begitupun per minggu dan per bulan dan seterusnya.

Mungkin itu saja Tips SEO 2015 sederhana dari saya. Untuk lebih mendetailnya, akan kita ulas pada artikel berikutnya. Namun sekali lagi, artikel ini saya tulis bukan berarti saya Pakar SEO, saya hanya menulis dan membagikan dari apa yang sudah saya pahami dan riset selama ini.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image