2

Smartphone Produksi China, Baguskah ?

Memilih Smartphone memang susah-susah mudah, terlebih bagi yang memiliki kantong pas-pasan. Semua orang pasti ingin memiliki Smartphone murah namun kaya dengan fitur. Smartphone besutan china mungkin bisa menjadi solusi bagi yang menginginkan Smartphone kaya fitur namun dengan harga terjangkau.

Namun baguskah ? kualitasnya bagaimana ? bagaimana daya tahannya ?. Pertanyaan-pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan bagi beberapa orang yang hendak membeli smartphone baru namun dengan anggaran terbatas.

Dipasaran, smartphone keluaran china memang murah, namun kaya akan fitur. Sebut saja Lenovo, Xiaomie, MITO, Advan, Evercross. Ponsel-ponsel ini dijual dengan harga jauh lebih murah dibanding ponsel-ponsel brand raksasa, seperti, Samsung, Sony, Nokia dan lain-lain.

Lalu bagaimanakah dengan kualitasnya ? Baguskah ?. Jawabannya tentu bervariasi. Menentukan kualitas ponsel tidak bisa hanya dalam hitungan hari, minggu maupun bulan. Melihat bagaimana performa ponsel itu yang sebenarnya bisa dilihat saat sudah berada digenggaman anda selama minimal 1 tahun. Bagaimana performanya ? apa masih sama dengan ketikan awal anda beli.

Performa smartphone tidak bisa diukur hanya ketika smartphone tersebut keluar dari kardus pembelianya dan kemudian dihidupkan. Lihatlah, bagaimana ketika smartphone tersebut menerima update-update aplikasi dibeberapa bulan kedepan.

Terlebih, aplikasi-aplikasi pada android semakin hari semakin memakan resource memori yang cukup besar. Sehingga tak jarang membuat ponsel-ponsel dengan memori dibawah 1 GB harus “undur diri”.

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone besutan china, perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Jangan terburu-buru. Jangan segan-segan untuk browsing mencari informasi mengenai smartphone yang akan anda beli tersebut.

Ponsel-ponsel china diproduksi bagaikan jamur dimusim hujan, hampir semua menawarkan fitur kaya dengan harga terjangkau. Namun sekali lagi, jangan mudah tergiur, flashback lah kebelakang dan lihat lah smartphone-smartphone besutan china yang sampai sekarang masih bertahan, brand smartphone itulah yang bisa menjadi rekomendasi untuk dimiliki.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

2 Comments

  1. Sekedar mengingatkan bahwa daftar ponsel dari vendor besar (baca: raksasa) yang disebutkan dalam artikel ini juga merupakan produk China alias dibuat di China.
    Jadi permasalahannya bukan lagi buatan China atau bukan, permasalahannya adalah apakah vendor-vendor yang kecil tersebut sudah dapat bertahan dalam kurun waktu tertentu.
    Jika ya, berarti dia sudah dapat dilihat kualitasnya.
    Thanks, salam kenal

    Reply

    Admin Reply:

    lebih tepatnya, Perakitanya di negara China dan sudah mengikuti SOP System dari brand bersangkutan. Hanya perakitannya saja, bukan buatan China :) itu maksud saya :).Trims sudah berkunjung kawan :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image