33

Satwa Langka di “Jl.Minyak” Balikpapan

Seperti biasanya, minggu sore saya dan keluarga selalu jalan-jalan untuk sekedar refreshing melepas penatnya fikiran karena kesibukan selama 1 minggu di perusahaan. Rute langganan biasanya adalah Jl.Minyak Balikpapan, di beri nama Jl.Minyak karena jalan ini melintasi area kilang minyak pertamina. Di ujung jalan ini sebelum tiba di pelabuhan semayang, kita akan di suguhkan dengan pemandangan hutan yang  masih asri penuh dengan semak belukarnya. Namun walau hutan itu terlihat masih asri, saya belum pernah sekalipun melihat adanya binatang-binatang liar disitu seperti monyet, ular dll. Namun hari ini tadi saya melihat ada banyak kawanan monyet di hutan itu sedang melompat dari dahan ke dahan. Alhasil, banyak pengendara yang menghentikan kendaraannya untuk menikmati pemandangan yang terbilang langka itu untuk sekedar memotret atau melempar makanan. Menurut keterangan dari beberapa orang disitu sih katanya monyet-monyet ini sudah lama menempati hutan ini, namun letaknya ada jauh di dalam dan jarang sekali menampakkan diri sampai ke pinggir jalan raya.

Saya nggak tau ini monyet jenis apa ? yang jelas pemandangan ini menjadi pemandangan yang sangat menarik buat saya. Karena selama hidup di balikpapan, belum pernah menyaksikan langsung ada monyet dalam jumlah yang cukup banyak hidup di alam bebas apalagi hutan ini sudah bukan termasuk lagi kategori hutan liar yang nggak terjamah oleh manusia. Semoga pemerintah kota dan masyarakat sekitar bisa menjaga dengan baik keberadaan hewan-hewan langka ini.

Gambar 1 : Monyet yang berhasil kena jepret kamera

Gambar 2 : Pengendara yang berhenti sejenak untuk menyaksikan pemandangan langka

Bagi yang tinggal di balikpapan dan ingin menyaksikan sodara kembar monyet-monyet liar di balikpapan bisa lewat kejalan minyak. Tapi saya nggak jamin kalau monyet-monyet ini akan kembali bermunculan seperti saat saya lewat hari ini tadi. Intinya tergantung jodoh ..he..3x

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

33 Comments

  1. saya jarang jalan-jalan dengan keluarga.
    memang hewan tersebut harus dijaga dengan baik agar tidak punah. sayang kalau sampai punah nanti anak-anak kita hanya tahu monyet dari dari gambar saja.

    endar´s last blog post..Dinamika Kehidupan

    Reply

  2. Wah, kalau saya ke Balikpapan memang jalan minyak adalah salah satu spot favorite saya pak. Kalau lewat jalan ini kita melewati sebuah hutan yang masih asli dan terjaga. Namun pas diujung jalannya … wah kemacetan yang luar bisa; Pelabuhan Semayang. :D

    deden´s last blog post..Wall to Wall with Yehia Ahmad

    Reply

  3. Mungkin di dalam hutan udah jarang makanan kali ya, kejadiannya kayak di daerah lain, ada macan dateng ke rumah penduduk, buaya keluar sangkar, gajah ngamuk di ladang, sekarang giliran monyet-monyet turun gunung…
    :-D
    Ada Apa ini…??:d/:-?

    Daiichi´s last blog post..Ta’aruf atau Pacaran..??

    Reply

  4. itu bukti terbaru kalo kalimantan punya banyak satwa langka (juga flora), tapi bisa punah kalo pembalakan liar ga dibrantas.

    hedi´s last blog post..Kampanye

    Reply

  5. wah jadi jarang sekali kesempatan bisa melihat seperti itu yah mudah mudahan besok saya menyempatkan main kesana dan melihatnya
    alias berjodoh hahahaha
    kalo pas di balik papan saya apa bisa menghubungi kang norjik yah hahahahahaha

    genthokelir´s last blog post..Management Gengsi

    Reply

  6. indonesia memang kaya, sampe hewan aja keluarnya diirit2 saking banyaknya…. heheheh

    Reply

  7. Itu mungkin bukan hutan, Pak, tapi taman kota yang sudah dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

    Di Surabaya juga ada yang seperti itu.

    Reply

  8. Mungkin mereka juga sama ingin melihat suasana baru pemandangan di jalan berlalu lalangnya kendaraan, setelah penat berlama-lama di hutan.
    :d

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image