0

Saatnya UMKM Indonesia Mengglobal Dengan Internet

Perkembangan industry UMKM di Indonesia beberapa decade ini mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat pada akhir tahun 2013 saja terdapat 55.2 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Menurut data yang dirilis oleh Menteri Koperasi dan usaha Kecil Menengah, UMKM di Indonesia memainkan peran yang sangat penting. Tercatat UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 57%. Itu artinya setengah dari PDB Indonesia berasal dari para pelaku UMKM.

Kemudian lebih lanjut, UMKM juga dinilai sangat resistance terhadap gejolak ekonomi. Contohnyaseperti krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997 dan 2008. Di tengah ekonomi sulit tersebut, para pelaku UKM mampu sustain danbertahan dari gejolak ekonomi. Bahkan hingga sekarang UMKM mampu terus tumbuh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap ekonomi Indonesia.

UMKM menggapai Internet

Ditengah derasnya arus teknologi terutama teknologi internet. Penting bagi para pelaku internet untuk beradaptasi dan melek teknologi untuk menangkap peluang yang ada. Oleh karena itu, pada akhir tahun 2013 melalui acara Micro-multinationals, SMEs Go Global para pelaku UKM di Asia Pasifik seperti Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam dan Malaysia. Pertemuan tersebut membahas kemungkinan dan peluang pelaku UKM untuk masuk dan memasarkan produknya melalui internet. Selain itu dalam pertemuan tersebut juga mencoba memberikan solusi kepada UKM dalam menyelesaikan permasalahan internet yang belum masuk secara merata.

 Rocket Internet meluncurkan Lamido.co.id

Pada tahun 2013, salahsatu venture capital (VC) terbesar di dunia meluncurkan platform online marketplace di Indonesia. Platform Marketplace tersebut adalah Lamido.co.id . Seperti yang dikutip dari Wikipedia, marketplace adalah penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang kebersangkutan. Jadi dalam hal ini lamindo tidak melakukan direct selling atau penjualan langsung kekonsumen. Namun para penjual atau pelaku UKM-lah yang melakukan penjualan. Dan disini lamido hanya berperan sebagai intermediaries atau penghubung antara penjual dan pembeli. Sehingga para pelaku UKM dapat memanfaatkan internet untuk kepentingan bisnisnya.

Bagaimanacara UKM berjualan di Lamido.co.id

Para pelaku UKM kini dapat melakukan jual beli online di lamido dengan sangat mudah. Dan berikut panduannya :

  1. Lakukanpendaftaran di lamido.co.id
  2. Setelahberhasilregristrasi, pelaku UKM dapatlangsungberjualan di lamidodenganklik menu “Jual” di sudutkananatas, pilih “JualPadaHargaTetap”.
  3. Pada halaman pendaftaran produk, isi data data yang diperlukan dan pilih informasi yang sesuai.
  4. Setelahpendaftaranberhasil, tim lamindo akan memverifikasi atau melakukan pengecekan dan menayangkan produk Anda.

Kini para pelaku UKM dapat berjualan secara online dengan mudah dan melakukan penjualan di mana saja dan kapansaja di Lamido Indonesia.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image