0

PENTING ! Tips Beli Smartphone Xiaomie

Selasa malam 22 November 2016 saya membeli Smartphone Xiaomie (lagi) setelah sebelumnya saya sudah membelinya. Jika yang sebelumnya saya pergunakan sendiri untuk “ponsel kedua” saya, kali ini saya membelinya untuk bapak saya.

Jenis yang saya beli masih sama dengan milik saya yang pertama, yakni, Redmi Note 3 Pro dan ponsel ini saya beli di GADGETMART Balikpapan Jalan MT Haryono (sebelah GOR Hevindo).

Untuk garansinya sendiri non resmi dari distributor Jakarta. Perlu di ketahui beberapa ponsel Xiaomie salah satunya Redmi Note 3 Pro masuk ke Indonesia melalui dua jalur yakni “Resmi” dan “Non Resmi”.

Lalu apa bedanya ? sepengetahuan saya, perbedaan pertama adalah pada klaim garansi, jika melalui jalur “Resmi” maka garansi bisa di klaim ke TAM yang service centernya sudah banyak berdiri di kota-kota besar di Indonesia salah satunya Balikpapan.

Sedang jika membeli melalui jalur “Non Resmi” pelayanan garansi sementara ini baru ada di Jakarta, salah satu distributor yang menangani service Xiaomie ini adalah WII (Wisma Inkopad Indonesia).

Perbedaan kedua adalah dari sisi harga, jika Xiaomie Redmi Note 3 Pro bergaransi TAM dijual seharga —pada saat saya membeli— adalah Rp 2.200.000,- maka Xiaomie Redmi Note 3 Pro versi distributor bisa diperoleh dengan harga Rp 1.760.000,- (Gadget Mart Balikpapan, Selasa (22/11/2016).

Kemudian perbedaan ketiga adalah pada sisi ROM, Xiaomie Redmi Note 3 Pro versi “Resmi” umumnya sudah dilengkapi dengan ROM Versi Global yang pada umumnya lebih stabil dan punya perform lebih baik. Sedangkan pada versi “Non Resmi” ROM nya sering disebut “ROM ABAL-ABAL” atau ROM CHINA dimana pada ROM ini sering terdapat aplikasi-aplikasi berbahasa Tiongkok yang tidak bisa di uninstall.

Dan parahnya, pada ROM bawaan distributor ini biasanya tidak ada menu Bahasa Indonesia serta sering muncul iklan secara tiba-tiba, hal ini jelas cukup mengganggu bagi sebagian pengguna.

Kebetulan malam tadi saya cukup beruntung karena GADGETMART Balikpapan bersedia membantu upgrade ROM versi Distributor (Tiongkok) ke versi Global dengan tanpa tambahan biaya, trims GADGETMART.

Jika anda membeli versi distributor saya sarankan untuk membeli langsung di toko-toko terdekat di kota anda, supaya anda bisa melihat, memeriksa dengan seksama sebelum membawanya pulang.

Jadi Tips Beli Smartphone Xiaomie khususnya versi “Non Resmi” atau Distributor yang pertama adalah, pastikan ROM didalamnya adalah versi ROM Global bukan ROM bawaan distributor. Kemudian pasanglah sim card pada ponsel tersebut, lalu coba hubungi nomor telephone tersebut, pastikan ponsel berbunyi ketika di telephone.

Kemudian lakukan pengetesan pada internal speaker dengan cara menelephone ke operator cellular yang anda pergunakan, apakah suaranya baik atau tidak.

Kemudian kamera, cobalah untuk melakukan pemotretan dan perekaman video. Pastikan kamera tersebut support dengan Continue Fokus tanpa harus melakukan TAB pada layar smartphone.

Kemudian headset, cobalah untuk mendengarkan suara ponsel tersebut melalui headset, setelah itu pastikan port charger dalam keadaan baik.

Kira-kira seperti itulah Tips Beli Smartphone Xiaomie khususnya versi “Non Resmi” atau Garansi Distributor yang selisih harganya cukup signifikan dengan versi “Resmi” atau Garansi TAM, semoga bermanfaat.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image