0

Penang, Pesona Wisata Lain dari Negeri Jiran

Tujuan wisata di negeri Jiran Malaysia bukan hanya Kuala Lumpur, masih ada kota-kota lain yang memiliki pesona yang menarik. Berbagai peninggalan sejarah dan budaya, keindahan alamnya, atau pun tempat-tempat yang dibangun di sana memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Salah satu lokasi yang banyak dikunjungi adalah Penang, sebuah pulau yang berada di semenanjung Malaysia. Kendati Penang adalah kota kedua terkecil Malaysia, namun jumlah penduduknya termasuk yang paling padat. Etnis penduduk di Penang lebih beragam dibandingkan kota lainnya, etnis Melayu sebagai penduduk asli Malaysia justru jumlahnya paling sedikitdibanding daerah lain.

Penerbangan menuju Penang biasanya harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur, kemudian melanjutkan perjalanan udara selama 30 menit. Anda dapatmenggunakan maskapai Malaysia Airlines yang sudah berpengalaman dalam rute tersebut. Untuk kemudahan perjalanan wisata Anda, tentu dapat membeli tiket Malaysia Airlines online di beberapa situs online travel agent terpercaya.

Beberapa tempat wisata di Penang bertemakan kekayaan budaya setempat, peninggalan sejarah, pantai, wisata belanja, hingga wisata kulinernya. Beberapa diantaranya;

  1. Penang Hill

Penang Hill dikenal dengan nama bukit bendera, sebagaimana kawasan perbukitan, Penang Hill berudara sejuk. Salah satu yang menarik wisatawan adalah perjalanan menuju puncak perbukitan yang menggunakan kereta Penang Hill Railway. Sepanjang perjalanan yang menanjak, Pengunjung bisa menikmati dengan puas pemandangan alam yang cukup indah.

Kereta tersebut beroperasi mulai pukul 09.00 pagi hingga 11.00 malam dengan tarif sekitar 30 Ringgit. Di dalam kawasan Penang Hill juga terdapat Owl Museum yang dapat Anda kunjungi.

Malaysiansite.com

  1. Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple adalah kuil Budha yang berusia satu abad lebih dan termasuk kuil Budha paling besar se-Asia Tenggara. Ornamen yang menghiasi kuil tersebut bernuansa Thailand dan China. Sedangkan lokasinya berada di bukit kawasan Air Itam.

Karolinapatryk.com

  1. Kuil Sri Mahamariamman

Kuil Sri Mahamariamman juga termasuk kuil Hindu tertua di Penang. Ornamen yang berupa patung dewa-dewi yang berada di dalamnya menandakan kuil ini berasal dari kebudayaan India kuno.

Lokasi kuil yang berada di kawasan Goerge Town, Penang ini dapat dikunjungi dengan gratis. Waktu bukanya ada dua tahap, mulai pukul 06.30 pagi hingga 12.00 siang kemudian buk alagi pukul 4 sore hingga 9 malam.

Wikimapia.com

  1. Pinang Peranakan Mantion

Pinang Pernakan Mantion dahulunya adalah sebuah rumah penduduk keturunan China yang sangat kaya raya. Ia memiliki banyak koleksi benda seni seperti artefak, furnitur, perhiasan yang bernilai tinggi. Kini tempat tersebut dijadikan sebuah museum dengan tiket masuk sebesar 20 ringgit. Lokasinya masih berada di kawasan George Town.

Setelah mengulas tempat-tempat wisatanya, tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas tentang wisata kuliner khas Penang. Beberapa diantaranya:

  1. Char Koay Kak

Makanan ini populer di Penang hingga banyak turis penasaranu ntuk mencobanya. Tampilannya seperti kwetiaw yang dicampur tauge dan telor yang dibumbui dengan aneka rempah.

  1. Nasi Kandar

Nasi kandar biasanya dijual oleh pedagang keturunan India atau Tamil. Bahan dasarnya nasi briyani yang disantap dengan campuran kari yang jenisnya bermacam-macam.

Tokomesin.com

  1. Penang Asam Laksa

Penang asam laksa adalah makanan yang berbahan dasar mie yang dicampur dengan kuah dengan rasa asam yang khas. Hampir menyerupai laksa di Indonesia.

Hungryautralian.com

  1. Nasi Ulam

Nasi Ulam adalah makanan khas Malaysia yang terbuat dari nasi biasa yang dimasak dengan rempah-rempah dan irisan beraneka macam daun-daun, seperti daun pegagan, kemangi, pucuk daun jambu, ditambah tumbukan kelapa panggang yang disebut kerikis dan parutan ikan.

Jackiem.com.au

  1. Murtabah

Murtabah ini jika di Indonesia menyerupai martabak, bentuk dan rasanya pun hampir sama.

  1. Penang Ice Kachang

Ini adalah jenis makanan yang bercita rasa manis, menyerupai es campur. Namun ada rasa yang berbeda dari campuran root beer.

  1. Mango Kerabu

Sesuai dengan namanya mango kerabu terbuat dari mangga muda yang diserut dan disantap dengan tumbukan kacang. Makanan ini akan mengingatkan Anda pada rujak serut atau mungkin salad.

Dengan ulasan ini semoga perjalanan Anda menuju Penang, Malaysia ini bisa berjalan lancar dan bisa mencoba pengalaman berbeda dari yang biasa Anda kunjungi di negeri Jiran. Sehingga liburan kali ini dapat dijalani dengan menyenangkan.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image