13

Nokia E71 = Blackberry saya

Cuman tulisan dari wong gendeng yang nggak kelakon beli BlackBerry dan barusan kalah maen poker hik hik. Tulisan ini sudah pernah saya tulis di Note Facebook saya. Cuman percumah rasanya nulis artikel di Notenya Facebook hehe. Mungkin sama-sama kita tau bahwa Trend baru dalam komunikasi mobile telah berkembang di Indonesia dari yang dulunya berukuran besar dan berat serta punya antena panjang serta fungsinya yang hanya telephone dan sms, sekarang telah mencapai era baru ..yaitu BLACKBERRY. Rame-rame orang beralih ke BLACKBERRY, banyak yang rela menukarkan ponselnya yang sebenarnya juga bagus dan mahal dengan Blackberry. Sehingga saya lihat beberapa waktu yang lalu banyak sekali ponsel 2nd bergelimpangan di stand konter HP Ramayana Balikpapan dengan harga yang sebenarnya masih di patok dengan harga mahal. Wong namanya konter HP pastinya membeli semurah mungkin dan menjual semahal mungkin. Lalu sebenarnya , apa sih BLACKBERRY itu ? Menurut info dari berbagai Sumber, Blackberry adalah handset keluaran Research In Motion (RIM). Kelebihannya adalah fasilitas Push Email. Apa itu Push Email? Artinya email yang dikirim ke inbox mail kita, akan di forward langsung ke blackberry kita, jadi bisa langsung terima layaknya SMS. Jadi nilai plusnya yaitu, handset tersebut bisa trima email layaknya seperti SMS. Selain itu, Blackberry di klaim memiliki kemampuannya untuk browsing internet sebebasnya dan dengan kecepatan yang cepat yang menurut saya hal ini juga tidak bisa di benarkan 100%.

Karena kecepatan internet bukan di tentukan dari handshet melainkan dari ISP yang di pergunakan. Kelebihan Blackberry juga terletak pada keypad yang  memiliki standard QWERTY sehingga akan lebih mempercepat dalam pengetikan pesan ataupun pesan elektronik (email) walaupun pada akhirnya sekarang banyak bermunculan ponsel-ponsel yang memiliki design serupa.

Sekarang yang jadi pertanyaannya, perlukah blackberry untuk saya ? Seberapa mobilenya saya ? Seberapa besar kebutuhan internet saya ? Seberapa besar keperlukan untuk  berEmail ria di saya?. Berhubung kantong saya cuma mepet alias pas-pasan, maka pertanyaan-pertanyaan ini lah yang wajib untuk saya jawab dengan tuntas terlebih dahulu sebelum saya berfikir untuk memiliki handshet tersebut.

Dan dari pertanyaan-pertanyaan ini, saya bisa ambil kesimpulan bahwa Ternyata Blackberry belum begitu di butuhkan banget oleh saya kecuali hanya sekedar untuk Lifestyle belaka. Nah, coba saya kupas analisa saya tersebut berdasar dari pertanyaan-pertanyaan saya barusan.

Seberapa Mobile-nya Saya ?

Lumayan mobile sih, tapi jika temen-temen pengen kontak saya gampang koq. Tinggal call saja saya di sini pasti bisa asalkan ponsel nggak pas ketinggalan, ato saya lagi tidur dan batere  low bad aja :D

Seberapa perlunya sih kebutuhan internet untuk saya ?

Wow ampir di katakan saya ini orang sakau Bandwith, jadi kemanapun pergi kalau bisa Bandwith harus bersama-sama saya terus hik. Tapi semua itu sudah bisa terhandle dengan Smartphone yang saya pegang ini ? dan rasanya informasi dari link http://m.detik.com yang di keluarkan oleh smartphone saya dg Blackberry sama isinya koq.. Gubrak.

Seberapa besar kebutuhan untuk ber-Email ria ?

Buat saya sih enggak banyak ! Karena pekerjaanku pun juga nggak terlalu banyak berhubungan dengan email. Dan temen-temen yang biasa aku hubungi pun juga masih bisa di jangkau dengan SMS yg sekarang tarifnya juga lebih murah bahkan bisa gratis :D dan seandainya aku butuh berkirim email untuk teman di luar negeri sana (walau nggak punya sih), saya masih bisa terima dan kirim email menggunakan fasilitas POP3 kapan saja terlebih apabila fasilitas Singkronisasi setiap 1 menit saya aktifkan, maka setiap email yang baru dikirim bisa saya terima layaknya saya terima SMS  walaupun spam semua dan email beneranya cuman 2, yang satu email lama dan yang satu forwatan yang sama.. hehe saykoji. Hanya perbedaannya, email yang di terima saya barangkali memiliki ukuran yang cukup besar dan hal ini lah yang barangkali membedakan push mail BB dengan POP3. Dan menurut informasi dari rekan, email BB sudah di kompresi sehingga BB bisa menampung email dalam jumlah besar

Nah…dari pertanyaan dan jawaban di atas barusan rasanya Blackberry memang buat saya yang punya penghasilan pas-pasan ternyata belum terlalu di butuhkan.

Saya lebih memilih Nokia E71  Dengan fasilitas keyboard QWERTY yang sama seperti BB, dan menurut saya kemampuan yang dimiliki Blacberry pun rasanya juga dimiliki E71 (walaupun kelas-kelas ponsel 3G biasa pun sudah bisa). Lalu bagaimana dengan internetnya? Kebetulan untuk internet di ponsel saya menggunakan paket internet mobile dari XL, cukup dengan Rp 50.000,-/bln saya bisa mendapatkan quota 150Mb. Lalu Bagaimana dengan Push emailnya? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kebutuhan Push email blm penting bagi saya. Tapi jika memang saya harus mengecek email, saya bisa saja melakukan pengecekan email menggunakan E71 ini lewat fasilitas POP3nya. Toh karena saya setting hanya membuka subjectnya doank sudah tentu tidak akan banyak menyedot quota dan sekali lagi juga aktifitas saya hampir bisa di bilang tidak berhubungan dengan email.

Kemudian kalo saya jadikan hape sebagai modem, maka kita bisa mengambil paket internet unlimeted dari IM2 atau TelkomselFlash dengan harga yang lumayan ekonomis dan tentunya bisa di pergunakan juga di ponsel. Dan sebatas yang saya ketahui jika Blackberry dijadikan modem, maka akan dikenakan biaya pulsa operator layaknya penggunaan biasa, bukan melalui biaya Blackberry yang sudah unlimited internet. Kemudian kalo saya bandingkan biaya nya, jika ingin menggunakan Blackberry maka saya harus membayar sebesar 180rb/bln
(ga tau kalo udah lebih murah). Sedangkan internet unlimited sekarang sudah bisa di dapat dengan harga +/- Rp 100.000. Sedangkan untuk handshetnya… Hape blackberry yang recomended biasanya berharga diatas 3 juta.
Sedangkan E71 saya beli barusan sekitar 2.6jt.

Hmm akhirnya….saya tetap bisa internet-an mobile dengan hape saya seperti Blackberry.. dan menjuluki hape E71 saya dengan BLACKBERRY ^_^. Walaupun pingin keren juga muncul tulisan ” about an hour ago via Facebook for BlackBerry” saat tulis status di Facebook..xixixixixi.


norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

13 Comments

  1. sudah dipasang di tempat seperti semula, dgn nama Norjik…
    silahkan cek di pages http://masenchipz.com/links

    maaf lama ga blogwalking.. sudah hampir 1 tahun ga walking2… soalnya lagi ngurus blog2 luar…

    ini juli pertengahan baru mulai walking2….

    thanks buat linknya mas… :)

    Reply

    Admin Reply:

    Sep..3x mas. Thank’s a lot:)>-

    Reply

  2. BB jaman sekarang bukan sebagai kebutuhan seseorang mobile ato enggak, BB sekarang malah jadi kegengsian tersendiri … la wong ketemu temen yg di tanya bukan nomer hengpon tp PIN *tepok jidat*

    Reply

    Admin Reply:

    Setuju :d

    Reply

  3. I would like to exchange links with your site norjik.web.id
    Is this possible?

    Reply

    Admin Reply:

    no problem..:) i’m wait :)>-

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image