4

Menjalankan Applikasi BlackBerry Tanpa BIS

Applikasi BlackBerry kini sudah lebih bersabahat ? kenapa ? karena sekarang beberapa applikasi BlackBerry sudah bisa berjalan tanpa koneksi BIS (baca : BlackBerry Internet Service). Applikasi yang terakhir saya ketahui bisa running tanpa koneksi BIS di antaranya adalah FACEBOOK FOR BLACKBERRY, UBERSOCIAL (Twitter Client), & TWITTER FOR BLACKBERRY. Sudah lumayan menurut saya 3 applikasi lumayan “penting” di BlackBerry itu sudah bisa running tanpa BIS. Flash Back, sekitar 1 bulan lalu selain browsing via browser kita tidak bisa menjalankan applikasi BlackBerry yang saya sebut di atas tanpa BIS walau sebenarnya di rumah saya sendiri sudah tercoverage signal WIFI 2×24 jam.

Namun sejak applikasi FACEBOOK FOR BLACKBERRY sudah update ke Versi 2.0 saya melihat di fitur-fiturnya ternyata ada 2 fitur baru yang menurut saya ini gebrakan baru yaitu CHAT dan WIFI SUPPORT. Langsung saya coba fitur CHAT nya dan berjalan sebagaimana mestinya, namun saya masih belum bisa mencoba fitur WIFI SUPPORT karena kebetulan langganan BIS saya masih belum berakhir. Dan tepat malam ini (kebetulan habis) saya coba jalankan Facebook For Blackberry dengan WIFI dan welll… mantapppp BISA. Bagaimana cara menjalankan applikasi BlackBerry tanpa BIS ? Untuk FaceBook For BlackBerry memang tidak di perlukan setting khusus lagi karena defaultnya sudah mensupport ke WIFI. Namun untuk pecinta twitter yang biasa menggunakan UberSocial harus melakukan beberapa setting seperti di bawah ini :

1. Buka Uber Social

2. Tekan menu berlambang BlackBerry dan pilih OPTION

3. Tekan NEXT hingga ketemu dengan gambar sperti screenshoot ini

4. Dan rubah menjadi sperti ini


5. Kemudian SAVE

Dan, UberSocial sudah bisa di gunakan menggunakan signal WIFI. Saat menggunakan koneksi Non-BIS disinilah kita baru menyadari kelebihan dari layanan BIS ini yaitu FITUR ALWAYS ON. Dengan BIS, walau BlackBerry dalam keadaan standby tetap notifikasi bisa muncul. Berbeda jika menggunakan koneksi Non-BIS, notifikasi akan muncul saat applikasi tersebut kita buka. Nah disitulah kelebihan BlackBerry dengan BIS nya di banding dengan SmartPhone maupun Android OS serta iPHONE sekalipun (akan kita bahas nanti). Walaupun beberapa applikasi BlackBerry sudah bisa Runnning well tanpa BIS bukan berarti saya rekomend untuk menggunakan BlackBerry tanpa BIS loh ya :D he 3x. Karena bagaimana pun, BlackBerry jauh lebih PowerFull dengan layanan BIS yang disediakan oleh operator-operatornya. Untuk menjalankan applikasi BlackBerry menggunakan GPRS akan saya ulas nanti.

Note : Tip’s ini hanya berlaku buat yang kebetulan langganan BIS nya habis tapi duit nya juga ikutan habis sperti saya *malu*

 

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image