0

Lupakan SEO

Belakangan, aku sudah tak memikirkan SEO untuk blog dan beberapa situs yang aku kelola. Aku hanya menulis dan menulis saja tanpa sedikitpun custom SEO selain penggunaan plugins.

Alasanya sederhana, ingin memberi konten yang jujur di search engine, biarlah ditemukan oleh para pencari informasi itu apa adanya, toh makin “kesini” logika Google sudah mendekati logika manusia yang artinya, tulisan-tulisan yang berbobotlah yang nantinya akan direkomendasikan.

Bicara plugins SEO, aku merekomendasikan Yoast, karena didalam plugins ini settingannya lengkap dan cukup powerfull untuk custom SEO. Tapi akhirnya, bukan plugin ini juga yang menentukan layak atau tidaknya artikel atau blog ini ke page one.

Dari hasil risetku, kalau mau SEO Friendly, update lah artikel secara rutin, menulislah apa adanya. Dan kalau bisa, menulis artikel yang jarang-jarang orang menulis tapi artikel itu berguna, atau berita/informasi/ulasan baru yang kala itu sedang banyak dicari informasinya oleh orang-orang.

Kalau nulis artikel yang sudah umum, ya siap-siap aja bersaing dengan kompetitor yang menulis artikel-artikel serupa, kalau menang yang syukur, enggak ya syukur juga, toh sekarang jejaring sosial juga susah banyak mendukung blogging, kita bisa share artikel kita ke media-media sosial.

Kalau ‘visitor unik’ betah berlama-lama di situs/blog kita, itu pertanda baik, karena kedepan, Google akan selalu merekomendasikan apapun yang kita tulis.

Bagaimana dengan backlink ? jangan anggap remeh backlink, karena backlink terutama dofollow masih punya pengaruh yang kuat untuk narsis di halaman awal google. Tapi bukan sembarang backlink, backlink-backlink yang dimaksud disini adalah backlink berkualitas, bukan asal backlink semacam tukar link dan sebagainya.

Salah satu contoh backlink berkualitas adalah, backlink yang mengarah ke blog atau artikel kita secara natural dari blog lain yang kebetulan mengulas hal serupa. Oleh Google, backlink ini dianggap berkualitas karena datang “seolah” secara natural.

Masih ada lagi ulasan-ulasan lain, tapi masih banyak dan aku harus segera rehat karena besok harus berangkat ngantor laporan ini itu dan sebagainya.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image