2

Koq di Langgar ?

Merujuk pada Peraturan KPU nomor 18 Pilkada Balikpapan 2015 tentang larangan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak boleh menjabat lebih dari 2 kali nyatanya berjalan kurang sesuai harapan di Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

Masih saja ada oknum yang tidak mau mengalah, meletakkan jabatannya untuk generasi-generasi yang baru hanya (mungkin) demi uang semata.

Allhamdulillah, di TPS 8 areaku yang terdiri dari gabungan RT 50 dan RT 11 benar-benar bisa menjalankan peraturan yang sudah ditetapkan oleh KPU tersebut. Aku dan kawan-kawan lain yang sudah 2 kali menjabat, kini tidak lagi.

Di TPS 8, seluruh anggota berganti wajah, termasuk Ketua KPPS yang dulunya di jabat Saryono, kini digantikan dengan Gunanto, Ketua RT 50.

Namun berbeda dengan apa yang aku lihat hari ini tadi pada sesi wawancara dengan Panwas, Minggu (11/10/2015) di Kantor Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

Ada 3 orang dari RT 10 Sumber Rejo masih berwajah lama, wajah-wajah yang selalu menghiasai event-event Pemilu dari masa kemasa. Bahkan, dua dari tiga wajah lama itu menjabat sejak jaman yang terbilang “dahulu kala”, sejak aku masih SMA.

Ironinya, ketua RT 10 itu pun masih ikut dalam KPPS ini ? padahal ia sudah lebih dari 2 kali ? Ketua RT yang seharusnya menjadi contoh justru malah menjadi biangnya, biang pelanggaran Peraturan KPU Nomor 18.

Aku memang tidak bertanya ke mereka apa alasannya hingga masih ada 3 orang wajah lama ikut dalam KPPS Pilkada Balikpapan 2015 ini. Asas praduga tak bersalahku mengatakan, ia tak ingin kehilangan duit, iya, duit sebesar kurang lebih Rp 500.000.

Menurutku, kecuali ketua, menjadi anggota KPPS itu pekerjaan mudah, selama ia bisa membaca dan menulis dan masih dalam kategori berakal sehat, pasti bisa. Apalagi petugas KPPS yang hanya bertugas menjaga tinta dan kotak suara ? tidak dibutuhkan orang ahli, hanya dibutuhkan orang yang mau dan bersedia saja.

Namun sayang disayang, tidak semua orang menjalankan Peraturan KPU Nomor 18 ini dengan baik. Masih saja ada segelintir oknum yang enggan meletakkan jabatannya, memberikan kesempatan kepada generasi-generasi yang baru untuk merasakan menjadi Anggota KPPS. Semoga bukan anda, anda dan anda yang membaca tulisan ini.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

2 Comments

  1. Bukan cuma di BalikPapan, di Sindanghaji, Sidaharja, Lakbok, Ciamis pun masih saja selalu ada wajah lama tiap kali pemilu baik tingkat presiden hingga bupati. entah kapan ada generasinya.
    Recently Posted : Grand Final , Achmad Jufrianto Print Prime Goal

    Reply

    Admin Reply:

    Dari situ terlihat kalau mental mereka sebenarnya mental serakah dan mental pelanggar, aturanya sudah jelas koq masih dilanggar

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image