0

Jajanan Anak SD, Higienis ?

Salah satu yang menjadi sorotan buat saya adalah penjaja-penjaja makanan di salah satu Sekolah Dasar Negeri Balikpapan Tengah. Dari hasil pantauan saya terhadap pedagang yang berjualan diluar gerbang sekolah ini, saya meragukan kebersihan pada makanan-makanan yang dijual kepada anak-anak kecil ini.

Ariana, anak pertamaku bersekolah ditempat ini, dan setiap saya libur kerja saya selalu mengantarkannya saat ia pergi kesekolah hingga menjemputnya.

Saya meragukan kebersihan penjaja makanan diluar gerbang sekolah ini. Lihat saja, minyak untuk menggoreng sosis itu sudah berwarna hitam pekat seperti oli. Kemudian (maaf) dari sisi pakaian, salah satu penjajanya menggunakan pakaian yang (buat saya) tidak mencerminkan kebersihan.

Belum lagi dugaan masalah zat-zat berbahaya yang dipakai untuk bahan pembuat sosis-sosis yang dijual itu.

Ironinya, salah satu penjual itu juga tidak ramah melayani para pembeli yang mayoritas anak-anak. Tanpa senyum, malah terkesan jutek, ia sering terlihat memarahi anak-anak yang membeli makanan disitu.

Sudah waktunya, Dinas Kesehatan melakukan sidak ke penjaja-penjaja makanan yang ada disekolah-sekolah untuk mengantisipasi pedagang-pedagang yang kerjanya hanya meraup untung semata tanpa memperhatikan unsur kebersihan.

Kemudian, pihak sekolah sudah waktunya untuk menyediakan kantin yang menjamin kebersihan makanan anak-anak yang mereka konsumsi saat istirahat belajar.

Tutup gerbang sekolah saat pelajaran dimulai, sehingga anak-anak tidak membeli jajanan-jajanan diluar yang sulit sekali untuk di lakukan kontrol-kontrol positifnya.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image