2

“Gajian” Google Adsense (Lagi)

Beberapa waktu yang lalu, saldo Google Adsense saya kembali mencapai ambang batas pembayaran yang jumlahnya sebesar $100. Allhamdulillah, karena ini sudah kesekian kalinya saya berhasil mendapatkan penghasilan dari Google.

Banyak yang menduga saya memiliki web-web yang jumlahnya banyak untuk memasang Script Google Adsense sehingga Earning Google Adsense saya sering mencapai ambang pembayaran meski baru berjalan dibawah 2 bulan lamanya. Sejujurnya, web/blog yang saya optimalkan untuk Google Adsense jumlahnya hanya 2 saja, tidak ada yang lain. Walau ada yang lain, web/blog tersebut tidak saya optimalkan untuk Google Adsense.

Google Adsense, memang masih menjadi perbincangan hangat dikalangan pebisnis internet PPC (Pay Per Click). Pemain bisnis ini terbilang cukup banyak di Indonesia. Namun sayangnya, belum banyak yang berhasil mampu mencapai batas ambang pembayaran sejumlah $100.

Padahal, Google Adsense kini sudah jauh lebih bersahabat dengan kehadiranya yang telah mensupport web/blog yang menggunakan bahasa Indonesia. Alih-alih pencairan, justru banyak pemain Google Adsense yang terkena banned akibat bermain curang.

Gambar: Petugas kasir Western Union Kantor Pos Pusat Klandasan sedang mempersiapkan uang Google Adsense

Gambar: Petugas kasir Western Union Kantor Pos Klandasan sedang mempersiapkan uang pembayaran Google Adsense

Algoritma Google Adsense kini semakin cerdas mendekati logika manusia, sehingga, sulit bermain curang di permainan bisnis berjenis Pay Per Click ini. Banned bisa terjadi kapan saja tanpa pemberitahuan lebih dulu apabila terbukti pelaku bisnis ini menggunakan cara curang.

Diawal-awal kemunculan Google Adsense, berbagai trik memang sering saya pergunakan untuk mendapatkan klik yang seolah “Natural”, namun semua itu sia-sia, karena terakhir, saya harus merelakan $80 earning Google Adsense akibat banned permanen.

Sejak itulah saya berhenti menggunakan cara hitam untuk mendapatkan klik ke iklan Google Adsense saya. Dan kini, saya lebih menggunakan cara-cara yang sebenarnya bisa dibilang non teknis alias cara-cara biasa.

Kunci utama permainan Google Adsense yang saya pergunakan sebenarnya sederhana, yakni masalah Peletakan dan permainan warna saja. Intinya adalah “Bagaimana menjadikan Iklan Google Adsense ini menjadi seperti bagian dari konten Blog/Web kita“, hanya itu.

Tambahan trik berikutnya adalah, saya banyak mengambil script iklan yang nantinya hanya menampilkan iklan dalam bentuk text saja, bukan gambar. Karena iklan dalam bentuk tulisan lebih banyak mengundang klik dari pengunjung blog kita, apalagi jika anda pintar dalam menempatkan posisi iklan dan memainkan warnanya ? hmmm siap-siap panen.

Tetapi, penghasilan Google Adsense saya akhir-akhir ini semakin seret, earningnya berjalan sangat lamban. Analisa saya, ini disebabkan karena meningkatnya pembaca web/blog yang menggunakan Smartphone, sehingga iklan-iklan dari Google Adsense yang umumnya menggunakan ukuran fix, sering mengalami kendala ketika dibuka melalui ponsel.

Akibatnya, iklan sering tidak muncul apabila dibuka melalui Smartphone atau dalam tampilan Mobile View. Kedepan, perlu ditingkatkan lagi teknik optimalisasi Google Adsense pada tampilan mobile view, sehingga earning Google Adsense bisa kembali Ngacir seperti sedia kala.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image