23

Free CD dari SHIPIT (Ubuntu 10.04 LTS the Lucid Lynx)

Kemarin untuk yang entah keberapa kalinya saya kembali mendapat kiriman dari Shipit Ubuntu setelah melakukan Request CD di website tersebut. Sebenarnya sih, saya sudah nggak dapet jatah lagi. Tapi saya coba akali untuk membuat akun baru dan ternyata bisa hehe. Beberapa waktu yang lalu sebenarnya saya sudah mendownload ISO Ubuntu 10.04 ini di http://kambing.ui.ac.id dan sudah saya coba Install namun hasilnya Gagal dengan di tandai munculnya BUSY BOX pada saat proses Instalasi melalui WUBI. Saya pikir permasalahan BUSY BOX ini adalah di karenakan ISO yang sudah saya download tersebut rusak dsb. Dan selang beberapa hari, kiriman CD dari Belanda pun tiba dan segera saya lakukan proses instalasi menggunakan WUBI. Namun setelah restart BUSY BOX kembali muncul dan hanya muncul shell prompt yang saya sendiri nggak ngerti command apa yang harus saya ketikan agar proses Instalasi dapat di lanjutkan. Saya coba searching di google dengan keyword di antaranya bagaimana mengatasi busy box pada ubuntu, busy box pada ubuntu, mengatasi busy box pada saat instalasi ubuntu. Beberapa web hasil referensi keyword tersebut saya kunjungi namun tak ada satupun yang sesuai dengan harapan saya. Kemudian saya lempar permasalahan ini ke milis ubuntu indonesia namun tak satupun orang merespon apa yang saya tanyakan.

Usaha pun hingga melakukan PM (Private Message) terhadap 2 kenalan cyber saya yang saya lihat memang berkompeten di bidang ini, namun usaha saya tetap sia-sia karena mereka sepertinya tidak memahami apa permasalahan saya atau mungkin barangkali pertanyaan saya terlalu bodoh hik.

Gambar 1 : Bungkus berisi CD Ubuntu 10.04

Akhirnya dengan tangan hampa, saya coba perhatikan Pesan Kesalahan yang di tampilkan BUSY BOX tersebut pada saat instalasi. Disitu saya perhatikan terdapat pesan Can’t read ISO ? lalu saya coba ambil kesimpulan bahwa Ubuntu 10.04 ini tidak dapat mengenali Hardisk ATA atau IDE. Sehingga pada proses instalasi lanjutan setelah restart system tidak dapat mengenali Hardisk. Hmmm…. lalu saya coba masuk ke BIOS laptop ACER 4920 milik saya dan saya rubah hardisk type dari IDE menjadi AHCI MODE (Mungkin berbeda di Laptop merk lain).

Gambar 2 : CD Ubuntu 10.04 LTS The Lucid Lynx

Lalu saya coba kembali booting, dan hasil nya proses instalasi Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx dilanjutkan kembali oleh system hingga Ubuntu 10.04 siap di gunakan, Lega rasanya ! Cara Instalasi Ubuntu 10.04 LTS the LUCID Lynx yang saya lakukan adalah melalui WUBI seperti yang sudah pernah saya tulis disini. Namun ada perbedaan sedikit pada pengiriman paket kali ini, yaitu tidak disertakannya lagi stiker. Tapi nggak masalah lah, yang terpenting CD bisa saya terima dalam keadaan baik. Terimakasih sebesar-besarnya buat Shipit Ubuntu.

Gambar 3 : Saya lihat ke dalam bungkus nya ternyata Stiker memang tidak ada

Dan berikut Repository yang saya gunakan di Ubuntu 10.04 LTS the Lucid Lynx saya , berhubung saya menggunakan Telkomspeedy maka saya pilih repository dari Telkom.

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-backports main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-proposed main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-security main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-updates main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid main restricted universe multiverse

##Repository Speedy
deb http://opensource.telkomspeedy.com:5432/ubuntu lucid main restricted universe multiverse
deb http://opensource.telkomspeedy.com:5432/ubuntu lucid-updates main restricted universe multiverse
deb http://opensource.telkomspeedy.com:5432/ubuntu lucid-security main restricted universe multiverse

Untuk menambahkan daftar repository gunakan command $ sudo gedit /etc/apt/sources.list masukan repository di atas pada bagian paling bawah. Simpan kemudian update menggunakan perintah $ sudo apt-get update

sumber :  speedy opensource

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

23 Comments

  1. sampe sekarang saya lom pernah dapetin cd, pedahal dah request … xixiix

    Reply

    Admin Reply:

    Wah, alamatnya pasti sulit di lacak tuh :d jika alamat sudah benar pasti sampai :-? dan jg pastikan status di Shipitnya bener2 udh “OnDelivery” :)>-

    Reply

  2. saya dah coba settingan ke AHCI tapi masih muncul busyBox v1.10.2 (Ubuntu 1:1.10.2-1ubuntu7) built-in shell (ash) blablabla

    (initramfs)

    gmn lgi ya caranya??q install backtrack 4 R2 dari fs
    untuk ubuntu sama jga..

    tolong dibantu mas!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image