0

Cara Membuat Sitemap Di WordPress 2015

Cara membuat sitemap di wordpress sudah pernah saya tulis beberapa tahun lalu. Namun karena ada beberapa perubahan/update, maka, cara membuat sitemap di wordpress 2015 saya release. Untuk diketahui, sitemap adalah sebuah file yang berisi navigasi atau peta yang menjelaskan seluruh isi dari konten web/blog kita.

Sitemap berfungsi untuk memudahkan mesin google dalam menelusuri isi web/blog kita sebelum akhirnya ditampilkan pada halaman pencarian. Dengan adanya sitemap, google dapat lebih memahami secara mendetail isi atau konten dalam web/blog kita. Contoh sitemap bisa dilihat pada http://norjik.web.id/sitemap.xml

Banyak cara untuk membuat sitemap di wordpress, cara yang paling umum adalah menggunakan Plugins WordPress bernama Google XML Sitemaps yang bisa didapat langsung dari dashboard wordpress anda dengan cara :

  • Update versi wordpress ke versi yang terbaru (abaikan jika sudah)
  • Pilih Plugins – Add New
  • Pada kolom pencarian di kanan atas ketik Google XML Sitemaps

Gambar: Google XML Sitemaps

  • Klik Install Now

Gambar: Instalasi Selesai

  • Klik Active Plugins

Gambar: Plugins Google XML Sitemaps sudah terpasang

Sampai disini, proses instalasi plugins Google XML Sitemaps telah selesai. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada Plugins ini. Untuk melakukan pengaturan khusus, klik pada dashboard, menu Settings kemudian XML-Sitemap.

Gambar: Tampilan pengaturan Google XML Sitemap

Perlu untuk diketahui, pengaturan default dari Google XML Sitemaps terbaru tahun 2015, merupakan settingan yang disarankan dan sudah masuk dalam kategori settingan terbaik sehingga anda tidak perlu lagi melakukan perubahan apapun pada Google XML Sitemaps ini. Namun jika kita ingin melakukan settingan khusus, tidak jadi masalah. Kita bisa melakukan settingan-settingan khusus diantaranya :

Basic Option

Pada kondisi default, bagian Notify Google about updates of your Blog tidak dalam kondisi di centang. Anda bisa mencentangnya dengan tujuan untuk memberitahu google setiap ada artikel/tulisan baru pada blog anda. Hal ini tidak disarankan karena beresiko blog anda akan dianggap spam oleh Google karena dianggap terlalu sering melakukan PING.

Post Priority

Pada bagian ini, anda bisa melakukan pengaturan prioritas pada konten yang hendak diutamakan. Ada 3 pilihan, diantaranya, Do not use automatic priority calculation, Comment Count, Uses the average comment count to calculate the priority. Namun lagi lagi pilihan disarankan untuk memilih Do not use automatic priority calculation dengan maksud, semua konten memiliki prioritas yang sama untuk ditelusuri.

Beberapa opsi berikutnya bisa di atur sesuai keinginan, namun sekali lagi, setting Google XML Sitemaps 2015 adalah setting yang sudah direkomendasikan, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan perubahan apapun.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image