0

Cara Meletakkan Iklan Google Adsense Pada Artikel

Penempatan iklan google adsense terbaik adalah di area sekitar konten atau artikel. Sayangnya meletakkanya tidak semudah yang dibayangkan. Harus bergelut dengan script-script yang terkadang bikin alergi gatal-gatal. Tapi demi efisiensi waktu, semua itu bisa dilewatkan dengan menggunakan Plugins yang banyak dijumpai di wordpress.

Untuk cara meletakkan iklan google adsense pada artikel, saya sendiri menggunakan Plugins WordPress yang bernama Whydowork Adsense yang sudah tidak tersedia lagi secara resmi di WordPress. Meski sudah tidak tersedia secara resmi di wordpress.org, plugins ini masih bisa di temui di beberapa website.

Bagi yang tidak mau repot-repot mencari sana sini, silahkan download Whydowork Adsense langsung melalui URL ini dan upload manual melalui dashboard wordpress anda. Setelah proses upload selesai, masuk ke area setting Whydowork Adsense melalui menu Setting – Whydowork adsense.

Gambar 1: Bagian atas menu Whydowork adsense

Pada bagian atas terdapat menu Code #1Code #2Code #3 dan seterusnya adalah tempat untuk meletakkan Script Google Adsense berbagai ukuran dan jenis yang akan di “Insert” kedalam artikel. Sebagai contoh, Klik Code #1 dan paste kan Script salah satu ukuran Google Adsense misal 250 x 300, kemudian pada Code #2 isi dengan Script Google Adsense ukuran yang lain, sesuai dengan keinginan anda.

Setelah kode diisi, scroll kebagian paling bawah, klik menu Update dan tunggu sekitar 5 menit sampai Google menampilkan iklan seperti contoh gambar diatas. Catatan, script yang baru saja di ambil dari http://google.co.id/adsense harus menunggu sekitar 5 menit agar iklannya muncul. Ini dikarenakan, google membutuhkan proses untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan konten artikel yang ditulis. Apabila tidak ada yang sesuai, tema iklan akan muncul random, seperti contoh diatas. Untuk memastikan iklan sudah muncul, refresh dashboard wordpress dan masuk kembali ke Settings – Whydowork adsense, apabila iklan sudah muncul, masuk ke tahap berikutnya, yaitu, penempatan posisi.

Gambar 2: Penempatan Posisi

Berhubung kita akan meletakkan iklan pada konten artikel, maka menu yang kita pakai adalah pada bagian bawah, yakni Single Page. Pada bagian menu Code # sesuaikan dengan kode yang sudah dimasukkan pada Gambar 1 sebelumnya dan pada menu Aligment of Ads isikan posisi, apakan akan diletakkan diatas artikel, atas kanan, atas kiri, tengah, tengah kanan, tengah kiri dan sebagainya. Sebagai contoh, apabila Code # diisi dengan Code #1 itu artinya, kita menggunakan iklan adsense berukuran 250 x 300 seperti yang diisikan diatas. Dan apabila bagian kanan di isi Top Middle, maka itu artinya, pada bagian Atas Tengah akan ditempati iklan berukuran 250 x 300. Mudah bukan ? silahkan bereksperiment sendiri dengan ukuran iklan-iklan yang lain, selamat mencoba.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image