4

Buat (Juga) Blogmu Dalam Versi Inggris

Hari kedua, sengaja saya quote tulisan di judulnya yaitu “Buat Blogmu Dalam Versi Inggris“. Sederhana namun kata-kata yang di sampaikan oleh pembicara di seminar ASEAN BLOGGER 2013 yang kebetulan adalah pakar marketing Asia Tenggara bapak Prof Hermawan Kertadjadja ini sangat mengena sekali. Alasanya pun masuk akal, karena dengan menulis blog dalam bahasa inggris maka kita akan memiliki visitor internasional dan sangat besar kemungkinan blog kita akan di baca oleh orang asing. Jika kita hanya menulis dalam bahasa Indonesia maka kita hanya memiliki visitor orang-orang indonesia saja, walaupun dari luar negeri tetap saja mereka orang Indonesia. Acara hari kedua di awali dengan sarapan pagi di restaurant hotel Kusuma Sahid Prince solo, walau restauran ini terlihat mewah namun tetap tidak meninggalkan unsur-unsur tradisional seperti tungku dari tanah dan lain-lain.

Para blogger berkumpul makan bersama di restauran ini, aneka menu-menu masakan khas solo pun tersedia disini dan semua di sajikan secara prasmanan, mantap ya !.

Gambar 1: Kusuma Sahid Prince Hotel

 

Gambar 2: Menu trasional

 

Gambar 3: Pelayan Restaurant

 

Gambar 4: Suasana Sarapan pagi di restauran hotel

 

Gambar 5: Hidangan minuman

 

Gambar 6: Makanan ringan

 Selesai sarapan, kami langsung masuk ke ruangan seminar dan langsung mendengarkan berbagai seminar mengenai sosial media dari para pembicara-pembicara hebat yang sudah tentu  cukup ahli di bidang ini. Hadir juga di hari kedua ini dinas pariwisata solo, perwakilan keminfo seharusnya tifatul sembiring hadir, presiden asean blogger 2013, pakar internet marketing hermawan kertadjadja. Suasana asik dan hidup membuat waktu terasa cepat berlalu dan tau-tau sudah menjelang sore.

Gambar 7: Hermawan Kerdjadja (Pakar Marketing Asia Tenggara)

Acara malam harinya, oleh panitia ASEAN BLOGGER 2013 kami di ajak untuk menyaksikan pertunjukan tari Mangkunegara Performing Art di Mangkunegara yang jaraknya sekitar 500 meter dari hotel kusuma sahid prince. Saya berangkat bareng blogger-blogger kompasiana dari jakarta dan bandung menuju mangkunegara.

 Acara sendra tari yang di beri nama mangkunegara performing art ini sangat menarik, kita bisa menyaksikan penari solo yang cantik-cantik dengan tarianya yang lemah gemulai di iringi alunan musik jawa, sangat recomended untuk anda saksikan jika anda berkunjung ke kota solo. Dan, saya salut terhadap warga kota ini karena masih benar-benar menjaga dan melestarikan budaya daerahnya terbukti selain para wisatawan yang menyaksikan, warga lokal juga banyak yang hadir memadati lokasi yang di beri nama mangkunegara ini.

Gambar 8: Turis domestik dan mancanegara berbaur dengan warga lokal

Gambar 9: Adik-adik penari solo

Gambar 10: Adik-adik penari solo

Gambar 11: Mangkunegara Performing Art, wow keren

 

Sepengetahuan saya, mangkunegara ini adalah pusat kreasi tari dan tempat belajar menari solo dan sepertinya juga disini adalah kampus akademi tari solo

Gambar 12: Akademi Mangkunagaran

Gambar 13: Pemain gamelan di mangkunegara performing art

Jadi, seharusnya kita bangsa indonesia tidak perlu harus berwisata ke luar negeri, karena masih banyak tempat-tempat wisata menarik yang bisa kita kunjungi di negara kita ini salah satunya kota solo. Kota yang di kenal dengan kota culture dan art nya yang masih sangat kental, karena disini kita bisa menemukan banyak sekali keindahan budaya daerah.

 

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

4 Comments

  1. mantap gann…
    Saya sepakt dengan agan, cuma bagaiman dengan yang tidk tau buat artikel dengan bahas inggris gan..
    mohon postingan untuk solusi ini gan terimaksh

    Semoga blog ini tetap eksis dan menjadi blog yang terbaik dalam memberikan informasi
    Salam kualitas dari saya gan..

    Reply

    Admin Reply:

    pakai google translate :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image