24

Banjir Lagi : Bagian 2


Banjir lagi Bagian 2 ? Hmm seperti cerita bersambung dari posting saya http://norjik.com/2008/07/05/banjir-lagi. Tapi maksud dari “bagian 2” ini  adalah Banjir bener-bener terjadi lagi !. Dan banjir kali ini lebih dahsyat dari banjir di hari sabtu kemarin. Hujan deras yang kira-kira dimulai pada pukul 06.00WITA pagi ini dan reda sekitar pukul 10.00WITA benar-benar membawa sejarah “rekor baru” bencana banjir besar di balikpapan. Begini ceritanya, pagi ini aku bangun sekitar pukul 06.30WITA, dan terdengar hujan sudah sangat deras. Tetapi aku tidak yakin kalau akan terjadi banjir lagi seperti hari sabtu kemarin, karena pas bangun ya pas hujan itu…., tak lama berselang ponsel cdma tua ku berbunyi… oh telephone dari kawanku yang memberikan informasi bahwa ada banjir di rapak dst. Tetapi hal itu tidak menyurutkan niatku untuk tetap berangkat kerja. Sampai di “bawah” (Kebetulan rumahku daerah tinggi) .. aku sudah melihat genangan air di gang

segera aku parkir sepeda motorku, melepas sepatu dan berjalan kaki menelusuri genangan di Gang menuju jalan raya yang sudah seperti sungai. Waaaah ini lebih ngeri dari banjir kemarin hari sabtu, karena hari sabtu kemarin hanya ada genangan kecil di beberapa ruas jalan. Tetapi kali ini “Jalan” Pangeran Antasari sudah berubah seperti “Sungai” Pangeran Antasari. Aku coba injak kan kakiku di Sungai Jalan raya dan mencoba ketengah, ooh terasa kencang sekali arusnya dan dari sini selayang pandang aku bisa melihat mobil-mobil yang di parkir di jalan terseret arus bahkan ada yang sampai masuk ke dalam selokan. Dan sudah jelas dalam kondisi begini, aku nggak akan bisa sampai di kantor !. Aku coba mencari jalan “tikus” menggunakan sepeda motorku, menuju ke daerah lain. Sampailah aku di Gunung Guntur, bener-bener disini terlihat air lebih tinggi dari wilayahku. Dan berikut adalah foto-foto hasil jepretan dari kamera ponsel milik saya :

Photo 1: Sungai Jalan P.Antasari, (Insert : mobil yang terseret arus)

 

Photo 2: (atas) Jl.P.Antasari ke arah simpang 4, (kiri bawah) Monumen Adipura, (kanan bawah) Mobil terseret arus

 

 

Photo 3: Lebih dekat mobil terseret arus, (insert) rumah di Gunung Guntur (Gunung koq bisa kebanjiran yah :d)

 

Photo 4: Wakil Walikota Balikpapan Bpk. Rizal Efendi meninjau langsung lokasi banjir di Gunung Guntur

 

Photo 5: Meninjau korban banjir, “anak ulun td hampir hanyut ai pak”  Kata Ibu yang sedang menggendong anaknya

 

 

Photo 6: Arah Karang Jati, samping Gang Slamet

 

Photo 7: Karang Jati, (insert) Angkot yang terjebak banjir di Gunung Guntur

 

Bener-bener banjir hari ini tadi jauh lebih besar dari banjir di hari sabtu kemarin. Dan saya juga mendapat info dari beberapa orang di lokasi banjir, bahwa ada korban Jiwa 1 anak kecil dan 1 orang dewasa di karenakan hanyut terseret arus di daerah Gunung Sari sekitar Jembatan MaryatiInnailaihi wainna ilaihi rozi’un. <Intermezo —> Dan hari ini pula aku mengalami musibah kecil karena motor shogunku kembali mogok dan harus di tangani bengkel hingga hampir 3 jam lamanya…Fuh. Jadi ketika aku sampai di Gunung guntur aku berniat kembali ke lokasi banjir di wilayahku, tapi apa terjadi ? jalan yang tadi aku lewati sudah tergenang air seukuran perut orang dewasa.

 Saking niat untuk kembali pulang, aku nekat menerjang genangan air itu. Sambil menuntun sepeda motorku, perlahan aku mulai memasuki genangan….smakin dalam ..selutut, sepaha, sepinggang, seperut dan semakin tengah bener-bener sedadaku. Nggak sadar, beberapa kamera ponsel mengarah ke aku … unik kali ya ? lihat orang nuntun sepeda motor tapi motor nya nggak ada alias tenggelam. Kebetulan jalan yang aku lewatin ini memang sedikit melengkung ke bawah, lengkungan itulah tempat menggenangnya air. Akhirnya, lolos juga dari genangan itu …dan hasilnya sepeda motor nggak bisa hidup. Setelah +/- 30 menit aku servis engkol sendiri, dari seberang jalan nampak tukang bengkel memanggil aku dengan menepuk kan tangan. Ah, ternyata ada bengkel … tanpa pikir panjang aku menyeberang dan ketika aku perhatikan baik-baik tukang bengkel itu . Koq sepertinya aku kenal ? ooooh ternyata dia adalah Sahabat masa kecilku dulu ketika kami SD. Dialah JENDERAL SUDIRMAN, ternyata mogok motorku membawa hikmah tersendiri. Aku bisa bertemu dengan sahabat masa kecilku dulu, sudirman. Jadinya deh ngobrol duluuuuu …riunian.

 Banjir kembali terjadi hanya berselang 4 hari dari banjir sebelumnya yang cukup membuat resah warga balikpapan terutama yang tinggal di dataran rendah. Ironinya, banjir-banjir ini datang saat Kal-Tim menjadi tuan rumah PON-17. Lalu apa komentar mereka nanti ? “ini kah wajah KALTIM ?” Ah …rasanya nggak penting memikirkan apa komentar mereka. Yang jelas, mari segera kita berbenah agar banjir tidak lagi terjadi di kota Balikpapan.

 

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

24 Comments

  1. padahal dulu kalimantan jarang banjir, ini berarti daerah resapan air (hutan) yang makin berkurang :(

    balikpapan emg lagi rame2nya bangun realestate. Hutan2 di gundulin..buat proyek realestate. Jdnya yg ketimpa ya masyarakat juga

    Reply

  2. Dan saya juga mendapat info dari beberapa orang di lokasi banjir, bahwa ada korban Jiwa 1 anak kecil dan 1 orang dewasa di karenakan hanyut terseret arus di daerah Gunung Sari

    Tambahan+Ralat : Baca koran hari ini tadi di kantor, ternyata korban ada 3. Dua anak SD kakak beradik krn tertimpa rumahnya yg runtuh…:( dan 1 org dewasa berusia 30’an Tahun krn hanyut..:(

    Reply

  3. Dah masuk musim kemarau koq banjir.. hmmm…

    Alam emg sulit di tebak non..waktunya musim hujan mlh kemarau. bgtu pula sebaliknya :(

    Reply

  4. Wah..mengerikan juga banjirnya, pak…Tuh mbak-mbak sampai harus manjatin mobil (memperhatikan mbak2 bawa payung yang nyandar ke mobil).. :-?

    Ehm..fotonya pake kamera hape? wah..tajam juga hasilnya, ya…

    btw..
    Salam kenal dari Riau

    Lam kenal juga yah …:d/ .. Ponsel yg digunakan nih pakai Sony Ericson P990i. Emg Soner nih kl buat foto lbh jernih ketimbang Nokia :d

    Reply

  5. Wuih, photonya lebih heboh nih daripada yang ada di blog pon…
    pon2008.web.id

    Selamt berenang mas… :D

    ho’oh pak, habis mo ke kantor juga gk bisa. Jd nya ya gitu ;))

    Reply

  6. Wah sampai kapan ya ini terjadi
    ayo dong Indonesia!

    Pak, pilih lima partai donk! :)

    Sampai pejabat pada pinter :), lima partai to …sip lah ..menuju ke TKP

    Reply

  7. :o wih wih wih wih, ngerinya. padahal baru saja kejadian. sayangnya saya tidak ke daerah pusat kota buat nelihat langsung:-?

    iya, mmg mengenaskan ..sedih rasanya :(

    Reply

  8. Entah kapan kita terhindar dari masalah bencana alam klasik ini ya? :-?

    mungkin sampai kita smua mau bersahabat dg alam

    Reply

  9. Haduhhh itu bener2 banjir! apa gak ada cara tuk mengalihkan air hujan sehingga gak meluap di jalan raya? mang ga’ ada got? ato ada sungai ya di sekitar situ?

    Ada sih, hanya sudah gk bisa berfungsi lagi sbg saluran

    Itu pak walikota keliatan bingung hehe
    Oya apa yg dilakukan walikota untuk mengatasi ini?

    Kita tunggu aja nanti :)

    Truz yang hanyut udah ketemu blom mayatnya?:(

    Udah, hanya 2 kakak beradik tuh evakuasinya sulit. soalnya tertindis Beton setebal 1meter :(

    Reply

  10. itu mobil di jual gak yah??
    khan abis kena banjir..

    Mobil sedan putih itu mmg mobil dagangan pak, klo berminat nanti bisa saya hubungkan ke orangnya :)

    Reply

  11. ikut bersedih atas bencana banjir yang menimpa..semoga diberi kesabaran bagi para korban banjir.amin

    Iya pak, smoga saja :)

    Reply

  12. mau ikut nulis Bapak dah lengkap nulisnya

    ini kan cuman berdasarkan pengalaman saya aja koq pak :), kalau bapak punya pengalaman yang berbeda .. khan lbh asik tuh pak kalau di tulis lagi :)

    Reply

  13. mudah2an banjir yang terjadi bisa segera surut agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan. semoga keluarga yang terkena musibah diberikan ketabahan. salam kenal dari jateng, mas norjik.

    Sudah surut dari hari pertama pak, salam kenal kembali Pak Sawali :) Trim’s sudah mau mampir

    Reply

  14. Saat posting komentar ini, hujan dtg lagi :( Smoga gk ada banjir lagi. Kasihan sodara2ku yg di dataran rendah. Kalau hujan, perasaan jadi deg2an8-|

    Reply

  15. kasin yaa ya sekarang dah langka tanan jadi air pada bingung mo kemana

    susah dah kl bgini ..skg kl hujan rada deres dikitt aja sdh deg2an :(

    Reply

  16. Waduh, banjirnya kom tambah parah ya? ulah siapa yang bikin banjir tambah besar itu? ya mungkin itu akibat dari ulah manusia yang nakal itu sendiri.

    Yah bgtulah, ini smua karena ulah kita manusia :(

    Reply

  17. dari sisi mistik :d katanya gara2 bapak SBY mengunjungi Kaltim .. jd nya deh kaya gini ..:d ah ..positif thingking aja lah :)>-

    Reply

  18. Assalamualikum bozzz
    ternyata kita sedang di kasih rizki yang lebih oleh yang maha kuasa… syukuri ja ya Bozz…!!!!!!!!!!! semua pasti ada hikmahnya, d jawa kekurangan air kita di beri air yang berlimpah.. :”>
    Wassalamualaikum..

    Walaikum salam bos, mybe emg kudu gitu ya bos ..thx udh mau mampir :)

    Reply

  19. Hahaha…
    Bagaimana kalau semua kata “Jalan” diganti dengan “Sungai”.

    itu kl cmn pas banjir doank pak :d

    Reply

  20. hari ini hujan lagi, eh banjir lagi. Allhamdulillah, gk sampe kejadian seperti banjir pd posting ini :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image