27

Alexa, akuratkah ?

Sampai saat ini saya masih meragukan perhitungan rangking yang dihasilkan dari Alexa. Benarkah alexa yang punya fungsi asal sebagai penghitung trafic yang berlabuh pada ‘rangking alexa’ ini bisa dipercaya hasilnya ?. Baiklah saya coba ulas  alasan saya meragukan rangking yang di hasilkan oleh alexa yang mana dimana ulasan ini adalah versi saya yang masih dodol tentang urusan ini. Dari pandangan sempit, saya hanya membandingkan dua buah blog yang nggak lain adalah milik saya sendiri yaitu www.norjik.com dan www.norjik.blogspot.com dimana setelah saya amati hingga beberapa bulan www.norjik.com punya rangking alexa yang jauh lebih bagus daripada www.norjik.blogspot.com yang memiliki rangking 1.439.184, Padahal www.norjik.blogspot.com ini punya trafic kunjungan lebih banyak ketimbang www.norjik.com yang hingga saat posting ini terbit punya rangking 639.636. Nah loe ? aneh khan ?. Nah dari sinilah, keputusan untuk tidak terlalu berkiblat pada ‘alexa trafic rank‘  semakin kuat. Maaf bukan maksud hati untuk mematahkan semangat rekan-rekan blogger yang udah punya rangking alexa bagus, melainkan ini hanya pendapat pribadi aja. Lalu berbekal dari apa alexa mengeluarkan rangking-rangking itu ?. Menurut informasi dari berbagai sumber alexa mendapat informasi yang berasal dari toolbar alexa yang terpasang pada browser-browser pengguna internet di dunia ini. Dan berdasar data inilah alexa kemudian membuat ‘statistik sendiri‘ yang kemudian menghasilkan rangking untuk web/blog kita. Semakin nilai alexa kecil maka semakin bagus dan tampak populerlah web/blog tersebut. Tetapi bagi saya sih, alexa nggak bisa di jadikan patokan untuk mengukur trafic kunjungan suatu web/blog. Karena perumusan alexa untuk menghasilkan rangking yang biasa nongol di sidebar web/blog itu di buat ‘sekarepe dewe‘ (semau sendiri) oleh pihak alexa dan hampir bisa di pastikan kita nggak bisa melihat perumusan yang njlimet yang akhirnya keluar menjadi rangking tersebut.

Alexa menghitung trafic melalui beberapa pertimbangan internal yang salah satunya menghitung berdasar pengunjung yang datang melalui browser yang terpasang alexa toolbar. Tetapi bukan saya menyebut bahwa rangking alexa yang tampil di web/blog itu palsu lho, ini hanya analisa dari keterbatasan saya yang menyimpulkan bahwa rangking yang di tampilkan oleh alexa tidak bisa di jadikan sebagai tolok ukur besar atau kecilnya trafic web/blog tersebut. Saya justru melihat, web/blog yang rajin di update maksimal 2 s.d 3 hari secara rutin akan memiliki rangking alexa bagus Tidak percaya ? boleh dicoba he..3x. “Lalu kenapa koq masih ada di sidebar blog ini bro ?” ya karena memang saya ada rencana untuk membuat blog ini sebagai blog penghasil duit dan yang saya tau ada beberapa bisnis internet yang mensyaratkan rangking alexa tertentu untuk dapat mengikuti program tersebut. Bagi saya, rangking alexa adalah tetap rangking alexa dan tidak bisa di jadikan tolok ukur yang punya akurasi tinggi untuk mengukur trafic web/blog tersebut. Bagi yang belum tau dan ingin memasang widget alexa di blog nya bisa klik disini.

norjik

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Tie science by writing) - Imam Ali bin Abi Thalib

27 Comments

  1. emang Kang. Tante Alexa kadang nggak akurat. apalagi kalau malemnya abis berantem ama om gugel….

    Reply

    Admin Reply:

    he3x, bisa aja gus ;)

    Reply

  2. kemarin sempat baca di dayliblogtips katanya terakhir alexa update akhir desember 2008 dan gak update lagi. tp ya gak tau juga, masalahnya itu posting beberapa hari yg lalu pak :(

    Reply

    Admin Reply:

    o iya ? saya mlh blm tau tuh

    Reply

  3. Wah ilmu baru ni..
    Makasih jadi dikit tahu ttng alexa

    Reply

    Admin Reply:

    Sama2 :)

    Reply

  4. Perlu dipertanyakan juga nih alexa..masak Aleaxa Rank ku segitu gitu,gak naik gak turun

    Reply

    Admin Reply:

    Mungkin itu ken cocies bro. cb cek aja di web nya langsung

    Reply

  5. sama bang… id.rizoa.com ama riza-masykur.blogspot itu itung2annya ngaco.. di blogspot trafikna lebih tinggi tapi alexanya gak turun2

    rizoa´s last blog post..Om Zalll

    Reply

    Admin Reply:

    Brarti bener kl gk bisa 100% dijadikan acuan kan… :d

    Reply

  6. Alexaku masih 2 jutaan. Gak turun turun. Gimana yah… udah update artikel terus neh…

    Reply

    Admin Reply:

    Harus di dampingin juga dg blogwalking sambil meninggalkan komentar di blog yg di kunjungi :) dan update artikel perubahannya jg bukan dilihat perminggu. Tp perbulan ..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

CAPTCHA Image
Reload Image